Selasa, 21 Oktober 2014

TUGAS 2



1.      SISTEM PEREKONOMIAN

·         Merkantilisme adalah suatu teori ekonomi yang menyatakan bahwa kesejahteraan suatu negara hanya ditentukan oleh banyaknya aset atau modal yang disimpan oleh negara yang bersangkutan, dan bahwa besarnya volum perdagangan global teramat sangat penting.

·         Kapitalisme adalah suatu sistem ekonomi yang menghendaki kebebasan yang seluas-luasnya bagi setiap individu untuk melakukan tindakan ekonomi tanpa campur tangan dari pemerintah.

·         Komunisme adalah sebuah ideologi. Penganut paham ini berasal dari Manifest der Kommunistischen yang ditulis oleh Karl Marx dan Friedrich Engels, sebuah manifesto politik yang pertama kali diterbitkan pada 21 Februari 1848 teori mengenai komunis sebuah analisis pendekatan kepada perjuangan kelas (sejarah dan masa kini) dan ekonomi kesejahteraan yang kemudian pernah menjadi salah satu gerakan yang paling berpengaruh dalam dunia politik.


·         Sosialisme adalah sistem ekonomi di mana pemerintah memegang peranan paling penting atau dominan dalam pengaturan kegiatan ekonomi. Dominasi dilakukan melalui pembatasan-pembatasan terhadap kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh anggota masyarakat. Negara yang menganut sistem ini antara lain : Rusia, RRC, dan negara-negara Eropa Timur (bekas negara Uni Soviet).

·         Facisme adalah gerakan radikal ideologi nasionalis otoriter politik. Fasis berusaha untuk mengatur bangsa menurut perspektif korporatis, nilai, dan sistem, termasuk sistem politik dan ekonomi. Mereka menganjurkan pembentukan partai tunggal negara totaliter yang berusaha mobilisasi massa suatu bangsa dan terciptanya "manusia baru" yang ideal untuk membentuk suatu elit pemerintahan melalui indoktrinasi, pendidikan fisik, dan termasuk eugenika kebijakan keluarga. Fasis percaya bahwa bangsa memerlukan kepemimpinan yang kuat, identitas kolektif tunggal, dan kemampuan untuk melakukan kekerasan dan berperang untuk menjaga bangsa yang kuat. pemerintah Fasis melarang dan menekan oposisi terhadap negara.


·         Demokrasi Ekonomi adalah produksi dikerjakan oleh semua masyarakat dan untuk semua di bawah pimpinan atau pemilihan anggota-anggota masyarakat. Kemakmuran masyarakatlah yang diutamakan, bukan kemakmuran orang seorang. Sistem ekonomi di Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta GBHN, sehingga disebut sebagai "Sistem Ekonomi Berdasarkan Demokrasi Ekonomi Pancasila".



2.      Perbedaan yang hanya mengejar keuntungan
Secara historis kata bisnis dari bahasa inggris berarti business dari kata dasar busy yang berarti sibuk dalam artian sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang menadatangkan keuntungan dalam ekonomi kapasitas dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta. Bisnis dimiliki oleh pihak swasta bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya, pemilik dan operarator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha atau kapasitas yang mereka berikan. Selain pihak swasta ada juga perusahaan yang mengejar keuntungan seperti pariwisata dan bisnis properti.

Perbedaan yang tidak mengejar keuntungan
Bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Modal bisnis yang seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum atau serikat pekerja.

3.      Profesi Bisnis jaman sekarang sudah berbeda dengan jaman dahulu. Semakin pesat perkembangan teknologi yang ada saat ini dapat menyebabkan hilangnya nilai etika tradisional dalam berbisnis.
Apalagi sekarang banyak persaingan yang lebih maju. Banyak orang yang jarang bertemu langsung dengan produsen yang menjual barang tersebut. Karena sistem online lebih dipilih oleh para konsumen karena lebih mudah mendapatkan barang yang mereka inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar