Sabtu, 17 Oktober 2015

KOPERASI BINA MANDIRI




SEJARAH KOPERASI BINA MANDIRI
 Koperasi Bina Mandiri didirikan pada tanggal 6 Desember 2012, dimana pra Koperasi nya sudah berjalan selama 2 ( dua ) tahun. Koperasi ini di dirikan pada awalnya dengan berjumlah 21 anggota.  Koperasi Bina Mandiri bertujuan untuk memajukan anggotanya, yaitu dengan memberikan kesempatan usaha bagi para anggota,  tidak hanya dari segi pinjaman modal tapi juga dari pendampingan usaha.
Prinsip dari koperasi Bina Mandiri adalah, lebih baik kecil kuat, tetapi setiap anggota mendapatkan pendampiang dan pelatihan yang cukup dalam usaha. Jadi suksesnya anggota koperasi adalah merupakan kesuksesan suatu koperasi.
Koperasi Bina Mandiri membiayai usaha beberapa anggota pendiri, diataranya adalah dealer motor, toko retail, toko komputer. Dengan berdasarkan pengalaman yang dipunyai Koperasi Bina Mandiri, Koperasi Bina Mandiri berusaha mengembangkan kemampuan usaha masing masing anggota, dengan mengadakan pelatihan dan pedampingan selama melakukan usaha. Pendampingan yang dilakukan oleh koperasi terhadap anggota, meliputi 
1.         Pinjaman dengan sistem bagi hasil yang kompetitif, dimana Pengurus dari Koperasi Bina Mandiri juga ikut terlibat dalam pengawasan usaha anggota tersebut, sampai masing masing anggota Koperasi Bina Mandiri, dapat berjalan mandiri.
2.         Bantuan Pelatihan Management Bisnis meliputi        :
JOB DESK Karyawan
Pengertian, Pemahaman dan pembuatan Job Desk Karyawan, karena kedepannya masing masing anggota tersebut, di harapkan menjadi pengusaha atau wiraswasta yang mandiri, sukses, dan mempunyai karyawan. Jadi pengetahuan Job Desk masing masing karyawan sangat diperlukan bagi pemilik atau wiraswasta atau pengusaha tersebut.
   SOP ( Standart Operational Prosedur ).
Sekecil kecil nya usaha, atau apapun bisnis, sebenarnya setiap usaha atau bisnis tetap harus mempunyai SOP. Untuk mengatur beberapa prosedur bekerja. Dan dalam hal ini, Koperasi Bina Mandiri melalui pengurus yang mewakili Koperasi Bina Mandiri, akan memberikan pemahaman dan pelatihan yang cukup dalam hal pembuatan SOP dan bahkan sampai pembuatan IK (Intruksi Kerja ), bagi masing masing anggota tersebut.
        Peraturan Perusahaan.
Setiap usaha pasti memiliki peraturan, walaupun banyak enterpreuner yang tidak membakukan atau menulisnya. Dalam hal ini, Koperasi Bina Mandiri akan memberikan pelatihan yang cukup dalam hal pembuatan, pemahaman, pembuatan Peraturan Perusahaan. Sehingga di harapkan dengan adanya peraturan yang baik, tidak akan membuat kebijakan yang ganda, atau membingungkan, dan sebaliknya bisa membuat produktifitas bekerja semakin meningkat.
      Pengetahuan Peraturan Pemerintah tentang Ketenaga kerjaan.
Pelatihan dari Koperasi Bina Mandiri untuk pemahaman bagi anggota Koperasi Bina Mandiri, mengenai aturan aturan dari pemerintah mengenai ketenagakerjaan.
3.         Akuntansi.
Setiap Usaha pasti membutuhkan Laporan akuntansi yang baik, meliputi Laporan Neraca Perusahaan, Laporan Rugi Laba Perusahaan, Laporan Perubahan Modal. Dengan adanya laporan akuntansi, akan memudahkan bagi Anggota atau Enterprenuer untuk membuat dan mengetahui Strategi Bisnis, Pengetatan Pengeluaran, Kondisi Perusahaan. Dalam hal ini Koperasi Bina Mandiri, akan memberikan pelatihan, untuk pembuatan, pemahaman Laporan Akuntansi bagi masing masing anggota.
4.         Marketing.
Koperasi Bina Mandiri juga mengadakan pelatihan dan pedampingan mengenai teknik teknik marketing kepada para anggota. Karena sehebat hebatnya Anggota menjalankan Usaha, tanpa di dibarengi dengan Teknik Marketing yang baik, semua usaha tidak akan berjalan.

Visi
  • Menjadi koperasi simpan pinjam Bina Mandiri yang mandiri, kokoh, dan terpercaya.
  • Mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan para anggota koperasi.
  • Menjadikan para anggota sebagai pengusaha sukses, berbudi luhur, jujur, tangguh yang dapat berguna bagi perkembangan ekonomi masyarakat.
  • Terdepan dalam pemakaian Teknologi Informasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pelaksanaan tugas dan pelayanan kepada masyarakat.
Misi
  • Meningkatkan kualitas SDM ( Sumber Daya Manusia ) pengurus koperasi, melalui Pendidikan dan Pelatihan yang berkelanjutan yang di selenggarakan Koperasi Bina Mandiri.
  • Meningkatkan profesionalisme dan etika bekerja yang baik, dalam lingkungan bekerja Koperasi Bina Mandiri.
  • Pengoptimalan, pembenahan, dan pemanfaatan sistem informasi, dalam pengolahan data Akuntansi, kearsipan dan administrasi data-data Koperasi Bina Mandiri.
  • Memberikan pelayanan yang baik kepada segenap anggota, calon anggota dan masyarakat yang membutuhkan, secara profesional termasuk dalam hal pemberian pinjaman Modal kepada Anggota maupun pelatihan kepada Anggota Koperasi Bina Mandiri, dengan tenaga pelatih yang berpengalaman dan terlatih.
  • Menjalankan kegiatan Usaha Simpan Pinjam dengan efektif, efesien, transparan dan profesional.
  • Memberikan rasa aman dan terpercaya terhadap seluruh Anggota Koperasi Simpan Pinjam Bina Mandiri.
  • Mengembangkan inovasi produk baik simpanan dan pinjaman dengan banyak melakukan promo yang sangat komunikatif dengan anggota, calon anggota maupun masyarakat sekitar.
  • Mencari dana murah dari anggota, calon anggota, Bank. Agar dapat di manfaatkan kembali untuk semua anggota yang membutuhkan.
  • Ekspansi atau perluasan jaringan koperasi untuk memperluas pelayanan Koperasi Bina Mandiri kepada anggota, calon anggota dan masyarakat.
Tujuan Koperasi
  • Meningkatkan kesejahteraan Anggota Koperasi Bina Mandiri.
  • Bersama Pemerintah, ikut serta dalam menggerakkan perekonomian masyarakat kearah yang lebih baik. 
Bottom of Form
Profil Koperasi Bina Mandiri
1.       Nama Koperasi                   :           KOPERASI BINA MANDIRI
2.       Nomor Badan Hukum        :           518/16/BH/XIV.31/XII/2012
3.       Tanggal                               :           17 Desember 2012
4.       Siup                                     :           16/SISPK/KDK.11.31/XII/2012
5.       Tahun Berdiri                                  :           2012
6.       Status Kantor                      :           Hak Milik
7.       Alamat                                :           Pertokoan Makutarama          
         Jalan                      :           Jl. A Yani 15A Salatiga
         Kelurahan              :         Kalicacing
         Kotamadya            :           Salatiga
         Propinsi                 :           Jawa Tengah  
8.       Nama Pengawas                  :
         Ketua Pengawas   :           Intania Ika Wibawanti
         Anggota                :           Daniel Arief Widodo
9.       Nama Pengurus                   :          
         Ketua                    :           Ery Prabawani
         Sekretaris              :           Miftakul Amin           
         Bendahara             :          Briana Caterino
10.   Nama Manager                      :           Satmoko Setia Budi

Jenis produknya koperasi bina mandiri
  1. Unit Simpanan
  2. Unit pinjaman
Kesimpulan
Koperasi Bina Mandiri didirikan pada tanggal 6 Desember 2012 . Koperasi ini di dirikan pada awalnya dengan berjumlah 21 anggota.  Koperasi Bina Mandiri bertujuan untuk memajukan anggotanya, yaitu dengan memberikan kesempatan usaha bagi para anggota,  tidak hanya dari segi pinjaman modal tapi juga dari pendampingan usaha
Daftar pustaka



Bottom of Form

Tidak ada komentar:

Posting Komentar