1.
Alasan
Manajemen Pemasaran Sering Disebut Sebagai Manajemen Permintaan
Manajemen pemasaran
merupakan proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga,
promosi, serta penyaluran gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan
pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi.
Manajemen pemasaran berupaya mempengaruhi tingkat dan karakter
permintaan dengan cara yang akan membantu pencapaian tujuan organisasi. Karena
itu manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan.
2. Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Berdasarkan
Konsep Inti Pemasaran
Kebutuhan
itu sesuatu yang harus dipenuhi jika tidak akan menggang kehidupan sehari-hari, karena hal tersebut dibutuhkan
atau diperlukan oleh seseorang untuk mempertahankan hidup dan untuk dapat hidup
sejahtera. contohnya makanan, pakaian rumah
sedangkan
keinginan segala
sesuatu tambahan dari kebutuhan untuk mendapatkan sesuatu dan jika hal itu
didapatkan maka orang tersebut merasa lebih puas hanya memberikan
perasaan senang apabila di penuhi contoh:jalan-jalan bertamasya
3. Perbedaan Pasar dan Pemasaran
Ø Pasar
Pasar adalah
kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan
terhadap barang tertentu,berdaya beli dan berminat merealisasikan pembeliannya.
Ø Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan
bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau
jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses
pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
4. Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Marketing Mix Product :
Produk sendiri terbagi dua yaitu produk
nyata bisadilihat dan produk tidak nyata atau jasa hanyabisa di rasakan tapi
tidak bisa di lihat. Dalam hal produk perlu di perhatikan kualitas, layanan,
dll karena konsumen ketika membeli bukan hanya sekedar ingin tapi juga
membutuhkan dan harus kita perhatikan kepuasan konsumen terhadap produk yang
kita tawarkan
Ø Marketing
Mix Price :
Strategi dalam menentukan harga yang
kita tawarkan kepada konsumen , karena harga juga penentu apakah konsumen mau
membeli produk kita atau tidak.
Ø Marketing
Mix Promotion / Promosi :
Merupakan strategi dalam
mengkomunikasikan informasi produk atau jasa dari penjual kepada pembeli,
dalamhal ini kita harus pandai – pandai menyusun strategi promosi agar produk
kita bisa dikenal olehkonsumen.
Ø Marketing
Mix Place:
Sering juga di sebut saluran distribusi,
yang berarti keseluruhan kegiatan atau fungsi untuk memindahkan produk disertai
dengan hak pemiliknya dari produsen ke konsumen akhir atau pemakai.
Ø Marketing
Mix Partisipant or People :
Partisipant atau people yang di maksud
adalah mereka yang ikut berpartisipasi dalam startegi pemasaran produk atau
jasa, misal dalam usaha restoran maka yang di maksud adalah para kasir,
pelayan, dan penjual sayur dll.baik yang terlibat langsung mau pun tidak.
Ø MarketingMix
Procces :
Kegiatan marketing mix yang menunjukan
bagaimana proses pelayanan yang di berikan kepada konsumen pada saat melakukan
pembelian produk atau jasa yang kita tawarkan.
Ø Marketing
Mix Physical Evidence / Lingkungan Fisik :
merupakan Lingkungan fisik yang
berkaitan dengan keadaan atau kondisi yang di dalamnya juga termasuk suasana.
Karakteristik lingkungan fisik merupakan segi paling jelas dan nampak dalam
kaitannya dengan situasi pemasaran . maksud dari situasi ini adalah keadaan
atau situasi dan kondisi secara geografi, lingkungan institusi, dekorasi dari
ruangan, adanya suara, aroma fisik , cahaya yang terpancar , cuaca yang baik,
peletakan dan layout yang nampak atau situasi lingkungan yang penting sebagai
obyek stimuli hal ini di kemukakan oleh Belk 1974 dalam Assael 199
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar